French Open 2021 - Tersisa Enam Wakil Indonesia di Delapan Besar

Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Masih tersisa enam wakil "Merah Putih" di babak perempat final French Open 2021. Ujian berat pada Jum`at (29/10) diemban satu-satunya wakil ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, yang akan berhadapan dengan pasangan kuat asal Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Turnamen yang digelar di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, itu, menjadi kali kedua perjumpaan antara Fadia/Ribka dan Kim/Kong. Kedua pasangan kali pertama bersua ganda asal Negeri Ginseng tersebut pada Chinese Taipei Open 2019. Kala itu, Fadia/Ribka harus mengakui keunggulan Kim/Kong 20-22, 14-21.

Di French Open 2021, kerja keras dan semangat pantang menyerah kembali harus diperlihatkan Fadia/Ribka, agar dapat meraih kemenangan atas ganda putri peringkat 5 dunia tersebut. Terlebih, rasa percaya diri Fadia/Ribka --yang kini berperingkat 34 dunia--, terus meningkat, seiring kemenangan demi kemenangan yang diraih hingga menembus babak perempat final.

Sebelumnya, Fadia/Ribka sukses menaklukkan pasangan Malaysia yang merupakan unggulan kedelapan turnamen Pearly Tan/Thimaah Muralitharan 21-12, 23-21 dalam waktu 41 menit. Kemenangan itu sekaligus membawa Fadia/Ribka sebagai satu-satunya wakil ganda putri Indonesia di perempat final, seusai Nita Violina Marwah/Putri Syaikah terhenti di babak 16 besar, kemudian diikuti tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Dengan demikian, Indonesia menyisahkan enam wakil di babak perempat final. Selain Fadia/Ribka, juga ada Shesar Hiren Rhustavito pada tunggal putra, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, serta tiga wakil ganda putra, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Fajar Afian/Muhammad Rian Ardianto.