India Open 2024 - Pemain Indonesia Tak Tersisa

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto & Min Hyuk Kang/Seung Jae Seo (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto & Min Hyuk Kang/Seung Jae Seo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia kembali gagal menembus semifinal di dua turnamen yang diikuti pada 2024, yaitu Malaysia Open 2024 dan India Open 2024. Kepastian ini didapat setelah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang menjadi harapan terakhir pada India Open 2024, kalah pada perempat final oleh wakil Korea Selatan, Min Hyuk Kang/Seung Jae Seo, dengan skor 14-21, 18-21 di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Jumat (19/1).

Sebelumnya, pada hari yang sama, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga terhenti di perempat final setelah pebulu tangkis 27 tahun itu kalah dari wakil Hong Kong Cheuk Yiu Lee melalui rubber game dengan skor akhir 17-21, 21-18, 13-21.

Antara mencatat, hasl ini mengulangi kegagalan Indonesia di Malaysia Open 2024, kala tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Fajar/Rian yang menjadi harapan terakhir untuk menembus semifinal, gagal mewujudkan hal tersebut.

Pada pertandingan kali ini, Fajar/Rian terus memberikan perlawanan sengit terhadap Min/Seung di gim pembuka. Duo Korea Selatan itu memimpin di interval 11-8 dan terus memimpin setelah interval. Min/Seung bahkan memimpin delapan poin saat skor 17-9.

Fajar/Rian sempat mendapatkan lima poin. Namun, di sisa "poin-poin tua", Min/Seung tak kesulitan menggapainya untuk menutup gim pertama dengan 21-14.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian mengawalinya dengan baik. Keduanya menjaga keunggulan sampai 14-11. Namun, setelah itu, kran poin Fajar/Rian terhenti karena melakukan beberapa kesalahan sendiri, sedangkan sang lawan merebut enam poin beruntun untuk membalikkan keadaan menjadi 17-14.

Fajar/Rian sempat mendekat kembali saat skor 16-17 dan 18-19. Namun, upaya keduanya masih gagal untuk merebut kemenangan di gim kedua ketika pengembalian servis Rian gagal melewati net. Min/Seung pun menang dua gim langsung 21-14, 21-18.