(Jelang Olimpiade Rio) Ambisi 'Super Dan' Raih Hattrick Olimpiade

Internasional ‐ Created by TIF

TIONGKOK - Pebulutangkis tunggal putra Tiongkok, Lin 'Super' Dan punya ambisi besar pada penampilanya di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil 5-21 Agutsus mendatang. Tak lain, dia akan berjuang mati-matian untuk bisa meraih hattrick juara Olimpiade setelah meraih medali emas Olimpiade di Beijing 2008 dan London 2012.

Lin Dan sendiri merupakan salah satu tumpuan harapan Negeri Tirai Bambu itu untuk meraih medali emas Olimpiade dari cabang bulutangkis. Meski tidak banyak terlihat tampil di beberapa turnamen level tinggi bulutangkis tahun ini, tapi set goal yang dimiliki Lin Dan begitu terukur jelas. Targetnya, juara Olimpiade untuk kali ketiga secara berurutan.

"Saya menyadari ekspektasi sangat besar terhadap diri saya sendiri. Di sisi lain, saya juga tahu sangat penting untuk punya mental yang bagus saat bertanding di lapangan. Jadi, saya akan mencoba rileks agar tak berada dalam tekanan," kata Lin Dan seperti dikutip dari china.org.cn.

Praktis, dalam pemetaan kategori tunggal putra di Olimpiade 2016, Lin Dan masih menjadi pemain yang difavoritkan untuk menang. Meski begitu, pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei pun tak mau kalah optimistis di Brasil kali ini.

Layaknya Lin Dan, Chong Wei juga menjadi satu-satunya harapan besar bagi Negeri Jiran untuk membawa pulang medali emas Olimpiade pertama kalinya. Empat tahun lalu, keduanya jumpa di babak final, di mana Chong Wei harus mengakui keunggulan Lin Dan lewat tiga set dengan skor akhir 15-21, 21-10, 21-19.