(Jelang Olimpiade Rio) Asa Saina Nehwal Raih Emas Olimpiade

Internasional ‐ Created by TIF

INDIA - Atlet mana yang tak menginginkan medali emas Olimpiade? Begitu juga dengan Saina Nehwal yang menyimpan asa besar dalam dirinya untuk memboyong medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil ke India. Rasa penasaran masih menghantui Nehwal setelah hanya mampu meraih perunggu di Olimpiade 2012 London.

Usai menang di Australia Terbuka 2016 lalu, Nehwal langsung menjalani latihan intensif bersama pelatihnya, Vimal Kumar. Tak lain tak bukan, tujuannya adalah mempersiapkan diri demi medali emas Olimpiade 2016 di Brasil, Agustus mendatang.

"Kemenangan di Australia datang pada waktu yang tepat. Saya benar-benar berharap ada beberapa perubahan positif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri saya. Saya membutuhkan kemenangan untuk tetap percaya bahwa saya berada di jalur yang benar," kata Nehwal, pebulutangkis 26 tahun itu seperti dilansir indiaexpress.com.

"Saya bekerja keras agar bisa lebih dekat dengan tujuan saya (medali Olimpiade). Luar biasa bagi saya bisa memenangkan Australia Terbuka sebelum Olimpiade. Hal ini sangat memuaskan untuk mengalahkan dua juara dunia dan juara dunia junior di salah satu turnamen," tambahnya.

Tampil di Olimpiade untuk ketiga kalinya, Nehwal dia mengaku kondisinya saat ini benar-benar fit untuk mendapatkan peak performance-nya di Olimpiade nanti. Diakuinya, dia selalu tampil maksimal dan menganggap semua turnamen seperti tampil di Olimpiade yang membanggakan bagi para atlet yang tampil di dalamnya.

"Sejauh ini persiapan saya dari sisi permainan sangat positif. Saya ingin mempertahankan fokus saya dan mendapatkan kondisi saya fit 100 persen saat pertandingan sehingga saya punya potensi untuk mengalahkan siapapun lawan saya nantinya," sebutnya.

Sang pelatih, Kumar pun disebut punya pengaruh cukup besar pada permainannya setelah bekerja sama sejak kurang lebih satu setengah tahun lalu. Adalah Kumar, mantan pelatih timnas bulutangkis India itu yang disebut Nehwal membuatnya lebih percaya diri bahwa dia bisa menjadi juara di Olimpiade.

"Pengaruh Vimal adalah perubahan terbesar. Saya benar-benar ingin berterima kasih padanya untuk membuat saya percaya setiap hari bahwa saya juara, saya bisa menjadi nomor satu. Vimal Sir membantu saya bekerja pada setengah smash dan lebih dekat dengan tujuan saya," kata Saina, yang telah mencapai World No 1 di bawah bimbingan Vimal tahun lalu.